Berita

Dampingi Mendag, Wali Kota Denpasar Siap Terapkan SOP Peduli Lindungi di Pasar Tradisional

Minggu, 26 September 2021 - 17:16
Dampingi Mendag, Wali Kota Denpasar Siap Terapkan SOP Peduli Lindungi di Pasar Tradisional Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi di Pasar badung pada Sabtu (25/9/2021) petang kemarin. (Foto: Dok. Humas Pemkot Denpasar)

TIMES PASAMAN, SURABAYAWali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mendampingi kunjungan kerja Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meninjau persiapan penerapan Standar Oprasional Prosedur (SOP) Peduli Lindungi di pasar tradisional pada Sabtu (25/09/2021) petang kemarin.

Pasar Badung masuk ke dalam daftar 14 pasar tradisional di Indonesia yang disiapkan sebagai percontohan penerapan SOP Peduli Lindungi.

"Peninjauan ini merupakan bagian dari persiapan tersebut," tutur Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat dihubungi Minggu (26/9/2021).

IGN Jaya Negara megucapkan terima kasih atas kunjungan Mendag, Muhammad Lutfi. Dari kunjungan ini, kedua belah pihak sepakat memiliki visi yang sama yaitu memulihkan Bali. Baik dari sisi kesehatan dan perekonomian.

Wali Kota Denpasar 2

"Saya menyambut baik keinginan Mendag untuk menerapkan SOP Peduli Lindungi di pasar tradisional. Saya pun optimis jika Pasar Badung sudah layak untuk menjadi percontohan daerah lain. Saya pun siap untuk mengikuti arahan Mendag dalam mendukung penerapan SOP Peduli Lindungi di Pasar Badung," papar Walikota Denpasar Jaya Negara

Scan barcode di aplikasi Peduli Lindungi merupakan langkah preventif untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di pasar tradisional. Diharapkan dapat mendukung percepatan pertumbuhan perekonomian di Denpasar.

"Penarapan SOP Peduli Lindungi bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pedagang, pembeli atau pengunjung. Kita harus beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan Covid 19 ini," ujar Jaya Negara

Menurut data Dinas Perdagangan Provinsi Bali per tanggal 21 September 2021 lalu seluruh pedagang, pengelola pasar beserta keluarganya sudah tuntas divaksin. Hal ini merupakan modal terpilihnua Pasar Badung terpilih menjadi pasar percontohan.

"Vaksin dan disiplin protokol kesehatan di lingkungan pedagang sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar dan memberi inspirasi kepada daerah lain untuk dapat memulihkan ekonomi dan ksehatan secara bersamaan," ungkap Jaya Negara.

Sementara itu Mendag Luthfi berkomitmen untuk terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi secepatnya

"Dari hasil pantauan, saya simpulkan bahwa harga disini masih stabil bahkan ada yang harga jualnya lebih rendah dari rata rata nasional. Masih rendahnya harga jual membuktikan bahwa daya beli masyarakat masih rendah akibat lambatnya perputaran ekonomi," pungkas Mendag Lutfi.

Ada 4 aspek yang ditinjau pada kunjungan kali ini yaitu vaksinasi pedangan, vaksinasi pengelola pasar, stabilitas harga dan daya beli masyarakat.

"Saya sudah minta Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk segera menerapkan SOP ini. Minggu depan kita akan coba terapkan kebijakan ini di Pasar Badung," tutup Lutfi saat bertemu Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya guna meninjau penerapan aplikasi Peduli Lindungi. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasaman just now

Welcome to TIMES Pasaman

TIMES Pasaman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.