Berita

Pererat Persaudaraan Umat Islam, Menag RI Bertemu Pimpinan Ormas Islam

Minggu, 28 Februari 2021 - 10:17
Pererat Persaudaraan Umat Islam, Menag RI Bertemu Pimpinan Ormas Islam Suasana Pertemuan antara Menag Yaqut Cholil Qoumas dengan pimpinan Ormas Islam. (Foto: Dokumentasi Kemenag)

TIMES PASAMAN, JAKARTAMenag RI Yaqut Cholil Qoumas bersilaturahmi dan berdiskusi dengan para pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam (ormas Islam) di rumah dinas Widya Chandra pada Sabtu (27/02/2021) kemarin.

Pada pertemuan ini, Menag RI menggali saran dan masukan dari para tokoh terkait ikhtiar untuk terus mempererat tali persaudaraan umat Islam.

Suasana Pertemuan antara Menag Yaqut Cholil bMenag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dokumentasi Kemenag).

Hadir, perwakilan pimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Muhammadiyah, Jamiyatul Khaer, Al-Washliyah, Persatuan Islam (Persis), Persatuan Umat Islam (PUI), Mathlatul Anwar, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, Rabithah Alawiyah, Sarikat Islam, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Al- Ittihadiyah, Al-Irsyad Al Islamiyah serta Lembaga Persaudaraan Ormas Islam.

Gus Menteri, begitu sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa salah satu program prioritas yang akan dilakukannya adalah merekatkan kembali semangat ukhuwah Islamiyah umat Islam di Indonesia.

“Ketika Presiden Jokowi meminta saya untuk menjadi Menteri Agama, prioritas pertama yang akan saya lakukan adalah memperkuat ukhuwah Islamiyah. Karena populasi umat muslim di Indonesia itu di atas 80 persen,” ucap Gus Menteri dikutip dari kemenag.go.id pada Minggu (28/02/2021).

“Bila problem ini dapat diselesaikan dengan baik, maka akan berdampak terhadap kemajuan bangsa. Dan kami sudah membuat skala prioritas mana yang harus diselesaikan. Kami juga berharap dukungan dari para pimpinan ormas Islam di Indonesia dalam program Moderasi Beragama yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024,” sambungnya, didampingi Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dan para Staf Khusus.

Menag RI dalam kesempatan itu banyak meminta saran dan masukan dari para pimpinan ormas Islam terkait berbagai permasalahan umat.

Dia mengaku lebih senang dikritik secara langsung, serta diberi saran dan masukan, daripada diperbincangkan di belakang apalagi melalui media sosial. Dengan diskusi langsung akan terjadi proses saling bertukar pikiran secara lebih konstrukif dan efektif.

“Saya akan banyak mendengarkan masukan dan saran dari para kiai dan alim ulama pimpinan ormas Islam daripada berbicara. Kita berharap ada barokah dari pertemuan-pertemuan hari ini serta mensinergikan banyak masukan dengan program strategis Kemenag. Ini bukanlah pertemuan pertama dan terakhir, melainkan akan digelar secara berkala,” sambungnya.

Banyak saran dari para pimpinan ormas Islam yang disampaikan ke Menag RI, khususnya dalam mempererat semangat ukhuwah Islamiyah, pendidikan Islam serta memperkuat ekonomi umat di tengah pandemi. Salah satunya, saran yang disampaikan Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Habib Zen bin Umar Smith.

Ia berharap Kemenag dapat melakukan tabayun kepada para pihak, termasuk pimpinan negara, bila ada persoalan yang menjadi kegelisahan umat.

“Saya yakin di kepemimpinan Gus Yaqut Cholil Qoumas masalah berat yang dihadapi Kemenag dapat menjadi ringan bila diselesaikan dengan benar. Saya setuju dengan skala prioritas Kemenag yakni memperkuat semangat ukhuwah Islamiyah,” kata Habib Zen bin Umar Smith.

Suasana Pertemuan antara Menag Yaqut Cholil cSuasana Pertemuan antara Menag Yaqut Cholil Qoumas dengan pimpinan Ormas Islam. (Foto: Dokumentasi Kemenag). 

“Perbedaan akan selalu ada, jangankan sesama umat, sesama saudara kandung saja ada perbedaan. Namun bila perbedaan itu mengakibatkan perpecahan maka perbedaan bukanlah menjadi rahmat melainkan musibah,” ucapnya saat acara silaturahmi pimpinan ormas Islam bersama Menag RI.(*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasaman just now

Welcome to TIMES Pasaman

TIMES Pasaman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.