Gaya Hidup

Rekomendasi Permainan Tradisional Seru Selama di Rumah Saja

Minggu, 28 Februari 2021 - 05:23
Rekomendasi Permainan Tradisional Seru Selama di Rumah Saja Permainan Tradisonal Dakon/Congklak (Foto: Pinterest)

TIMES PASAMAN, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat semua kegiatan dilakukan di rumah saja. Mulai dari belajar hingga kerja. Hal ini tidak sedikit membuat beberapa orang bosan apalagi untuk anak-anak. TIMES Lovers bisa mencoba beberapa rekomendasi permainan tradisional sekaligus nostalgia untuk anak 90-an. 

1. Monopoli

monopoli.jpgFOTO: iPrice

Monopoli merupakan salah satu permainan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan bertukar properti.

Permainan ini biasanya berbentuk kertas, melemparkan dadu dan memindahkan bidak (gaco). Apabila bidak mendarat di area lawan maka akan membayar sewa.

Monopoli juga bermanfaat sebagai alat pembelajaran mengenai sistem ekonomi untuk anak. Permainan ini dilakukan 3-4 orang. 

2. Dakon atau Congklak

conglak.jpgFOTO: Traditional Games Returns

Permainan dakon dapat dimainkan oleh laki-laki maupun perempuan. Biasanya alat ini terbuat dari kayu atau plastik dan menggunakan biji sawo untuk dibagi saat permainan berlangsung. Pemain biasanya berjumlah 2 orang. 

3. Bola Bekel

bekel.jpgFOTO: Mamapapa.id

Permainan bola bekel bermula akibat alkuturasi dengan budaya Belanda. Sebab kata bekel sendiri berasal dari bikkelspel atau bikkelen. Permainan menggunakan 1 bola karet dengan 5 biji bekel. Cara bermain butuh keseimbangan dan kecepatan dengan memantulkan bola 1 kali dan mengambil beberapa biji bekel dan seterusnya. Permainan ini biasanya dimainkan 2-5 orang. 

4. Ludo

Permainan ludo terdiri dari 2 hingga 4 pemain di mana para pemain memacu empat token dari awal hingga token sesuai dadu dan token masuk ke "rumah" sesuai warna dari masing-masing pemain. 

5. Ular Tangga

ular-tangga.jpgFOTO: AndropHedia

Permainan sederhana ini biasa dimainkan oleh anak-anak. Terdiri dari 2 pemain atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak terdapat tangga dan ular. Jika tangga tersebut mengalami kenaikan tetapi jika ular akan mengalami penurunan. Penyelesaian permainan ini hingga "gaco" sampai ke angka 100 maka pemain tersebut yang akan menang pada ular tangga. 

TIMES Lovers, rekomendasi beberapa permainan tradisional tersebut juga mampu melatih fokus dan motorik anak. Keseluruhan permainan sangat seru jika dilakukan dengan keluarga di rumah untuk mengisi weekend atau sembari menghabiskan waktu bersama keluarga. Yuk taruh handphonemu, habiskan waktu bersama keluargamu. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasaman just now

Welcome to TIMES Pasaman

TIMES Pasaman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.