Wisata

Kemana Saat Libur Lebaran? Ini Rekomendasi Lima Destinasi Wisata di Malang Raya

Jumat, 14 Mei 2021 - 08:32
Kemana Saat Libur Lebaran? Ini Rekomendasi Lima Destinasi Wisata di Malang Raya Salah satu destinasi wisata Kampung Tematik Warna-Warni Jodipan, Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES PASAMAN, MALANGMalang Raya sebagai kawasan penuh wisata, mulai alam hingga buatan menjadi salah satu daya tariknya. Selain Kota Pendidikan, Malang sendiri juga mempunyai segudang destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Apalagi, pada masa Idul Fitri di tahun 2021 ini pemerintah telah melarang masyarakat untuk melakukan mudik. Akan tetapi, masyarakat yang berada di wilayah Aglomerasi, seperti Malang Raya dalam Rayon 2 Jawa Timur, diperkenankan untuk melakukan perjalanan wisata di wilayah aglomerasinya.

Dengan itu, masyarakat Malang Raya dalam momen lebaran kali ini bisa memanfaatkan destinasi wisatanya untuk sekedar menghilangkan penat karena tak diperbolehkan mudik, ataupun bersantai bersama keluarga.

Inilah 5 rekomendasi wisata di Malang yang perlu kalian kunjungi bersama keluarga maupun teman selama masa Lebaran di tahun 2021.

1. Kampung Warna-Warni Jodipan

Jodipan-a.jpg

Wisata kampung yang berada di Kelurahan Jodipan yang berdekatan dengan Stasiun Kota Baru Malang ini terlihat estetik dan fasilitas penunjangnya membuat Kampung Warna-Warni Jodipan jadi jujukan masyarakat.

Spot foto diberbagai sudut nampak indah dan menarik untuk dijadikan bahan posting media sosial. Pernak pernik hingga tembok-tembok rumah dengan lukisan dan cat warna-warni membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disana.

Sementara itu, tiket Kampung Warna-warni Jodipan (KWJ) sendiri berkisar Rp 3.000-an untuk seharian (bisa masuk-keluar tanpa bayar lagi) dan parkir motor sekitar Rp 5.000-an. Tempat wisata ini juga buka pukul 07.00-18.00.

2. Hawai Waterpark

Hawai-Waterpark.jpg

Sesuai dengan namanya, kamu dan keluarga dapat merasakan beragam wahana bernuansa air di Hawai Waterpark.

Berbagai wahana tersebut seperti, Waikiki Beach (kolam tsunami), Waimea Stream River (kolam arus) dan Hawai Water House (aneka permainan anak seperti ember air raksasa) tersedia di Hawai Waterpark.

Tempat wisata keluarga di Malang ini buka setiap hari pukul 09.00-16.30. Untuk tarif masuk Rp 75.000-an saat weekday dan Rp 110.000-an ketika weekend.

Hawai Waterpark berada di Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari. Berbatasan langsung dengan Kota Malang, sekitar 10 menit berkendara dari Terminal Arjosari.

3. Malang Night Paradise

Malang-Night-Paradise.jpg

Masih dalam satu kawasan dengan Hawai Waterpark, kamu akan menemukan Malang Night Paradise yang beroperasi pukul 18.00-23.00 WIB. Atraksi bertema lampu-lampu gemerlap dapat kamu nikmati, sebut saja Taman Lampion yang berisi Dancing Water Fountain sampai Lighting Tunnel.

Ada pula Taman Dinosaurus lengkap dengan replika hewan ini. Coba juga aneka permainan mulai dari Flying Car sampai Digging Site (bermain pasir menggunakan alat tertentu). Atraksi menarik lainnya adalah Magic Journey, kamu diajak menyusuri sungai naik perahu. 

Untuk mengakses wahana satu ini harus merogoh kocek lagi Rp 30.000-an.

Tiket masuk ke Malang Night Paradise sekitar Rp 50.000-an untuk weekday (Senin-Kamis) dan Rp 65.000-an untuk weekend (Jumat-Minggu).

Tarif tersebut sudah termasuk mengakses semua wahana kecuali The Magic Journey dan Adventure Land.

4. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa-Wisata-Pujon-Kidul.jpg

Desa Wisata Pujon Kidul sebuah one-stop entertainment yang dikelilingi sawah.

Ada pusat kuliner, belanja, sampai atraksi menarik seperti naik kuda. Kamu cukup merogoh kocek Rp 5.000-an per orang untuk tarif masuk. Nantinya tiket masuk di gerbang utama dapat kamu tukarkan dengan tiket masuk ke wahana-wahana yang ada di kawasan ini.

Kamu bisa mencoba beragam kuliner di Cafe Sawah yang berada di paling ujung Desa Wisata Pujon Kidul. Ada beragam makanan, mulai dari nasi jagung, olahan ikan, dan aneka sayur. Sistemnya prasmanan, setelah kamu ambil makanan, langsung menuju kasir untuk membayar. Harga makanan di sini mulai dari Rp 5.000-an.

Kalau kamu ingin masak di rumah, bisa belanja sayuran segar yang biasanya baru dipanen oleh petani setempat. Untuk satu kantong sayur (setara sekitar 1 kilogram) cukup membayar Rp 10.000-an.

5. Jatim Park 1, 2 dan 3

Jatim-pArk-3.jpg

Wisata yang satu ini memiliki beragam wahana. Mulai Jatim Park 1 di area outdoor yang berisi replika rumah traditional beserta patung lengkap dengan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika Nomor 2, Sisir, terdapat aneka roller coaster mulai dari Ulat Coaster (untuk anak-anak) sampai Spinning Coaster yang membawamu berputar-putar di ketinggian.

Tempat wisata di Batu ini buka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB. Tiket masuk Rp 75.000 untuk weekday, Rp 120.000 saat weekend.

Selanjutnya, Jatim Park 2 atau yang biasa dikenal dengan nama Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang dikemas modern, lengkap dengan kolam renang dan food court.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9, Kota Batu. Kamu bisa berkunjung setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB. Tiket masuk Jatim Park 2 saat weekday Rp 100.000-an, sedangkan weekend Rp 130.000.

Terakhir, Jatim Park 3 berlokasi di Jalan Jalan Ir. Soekarno Nomor 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Jatim Park 3 menyuguhkan beragam wahana instagramable, seperti The Legend Star, Milenial Glow Garden, dan Dino Park. Area yang patut masuk daftar kunjung saat berada di Jatim Park 3 sendiri, yakni The Legend Star.

Terdapat berbagai landmark di dunia. Beberapa di antaranya Zona Jepang, Korea, Forbidden City (China), Istana Negara, maupun Kerajaan Majapahit.

Kamu harus siapkan budget Rp 100.000-an untuk keliling The Legend Star. Jatim Park 3 buka setiap hari pukul 12.00-21.00 WIB.

Nah, jangan bingung lagi untuk mengisi waktu libur lebaran Anda, lima destinasi wisata di Malang Raya itu perlu dicoba.  (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pasaman just now

Welcome to TIMES Pasaman

TIMES Pasaman is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.